RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) 1
Satuan Pendidikan : SMP Negeri 1
Kabanjahe
Mata Pelajaran : Seni
Budaya/Seni Rupa
Kelas / Semester : VII (Satu) / 1
Topik : Menggambar
Flora, Fauna, dan Alam Benda
Pertemuan : Ke : 1,
2
Alokasi Waktu : 6 X 40
menit ( 2 kali pertemuan )
A. KOMPETENSI INTI
KI
3 : Memahami
pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural dalam ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kebangsaan, kenegaraan,
dan peradaban terkait fenomena dan kejadian yang tampak mata
KI
4 : Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi dan membuat) dan abstrak (menulis, membaca, menghitung, dan
mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan dari berbagai sumber
lainnya yang sama dalam sudut pandang/teori
B. KOMPETENSI DASAR
3.1
Memahami konsep dan prosedur
menggambar flora, fauna, dan benda alam
4.1
Menggambar flora, fauna, dan benda
alam
C. INDIKATOR
·
Peserta
didik melakukan kegiatan seni rupa yang melibatkan gagasan dan imajinasi media
dua dan tiga dimensi dengan memperhatikan proporsi, komposisi,keseimbangan, dan
gelap terang
·
Peserta
didik menyusun objek gambar sesuai dengan imajinasi dan perasaan
·
Peserta
didik harus berlatih dan sabar sampai menguasai bentuk dasar bagian-bagian dari
objek yang digambar.
D. TUJUAN
PEMBELAJARAN
·
Setelah
mempelajari Bab 1 peserta didik diharapkan peduli dan melakukan aktivitas berkesenian,
yaitu
1.
mendeskripsikan kekayaan flora dan fauna Indonesia,
2.
mengidentifikasi keunikan flora dan fauna Indonesia,
3.
mengeksplorasi flora, fauna, dan alam benda dalam bentuk gambar,
4.
mengomunikasikan hasil karya seni rupa baik secara lisan maupun tulisan.
E. MATERI PEMBELAJARAN
·
Pengertian Menggambar
Gambar merupakan bahasa yang
universal dan dikenal jauh sebelum manusia mengenal tulisan. Gambar sudah
dikenal masyarakat sejak zaman purba. Pada saat itu, gambar sering dihubungkan
dengan aktivitas manusia dan roh leluhur yang dianggap memberi keberkahan dan
perlindungan. Bagi manusia purba, gambar tidak sekadar sebagai alat komunikasi
untuk roh leluhur saja. Gambar dapat juga memberikan kekuatan dan motivasi
untuk dapat bertahan hidup.
Menggambar merupakan
aktivitas mental dan fisik yang dituangkan dalam bentuk goresan tangan, pada
media dua dan tiga dimensi. Dengan menggunakan imajinasi dan perasaan melalui
alat gambar, seperti pensil, bolpoin, krayon, dan alat lain yang dapat
digunakan untuk menulis.
Menggambar dapat juga
diartikan sebagai bentuk kegiatan seni rupa yang melibatkan gagasan dan
imajinasi media dua dan tiga dimensi dengan memperhatikan proporsi, komposisi,
keseimbangan, dan gelap terang.
F. Metode
Pembelajaran
Pendekatan : Scientific
Metode : Observasi
dan diskusi
Model : Problem
Based Learning
G. SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN
·
Alat & Media :
Pensil, Pensil Warna, Krayon, Bolpoint,Kertas Gambar
·
Sumber Belajar : Buku guru/Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013
H. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Tahapan pokok
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pertemuan: 1
Pendahuluan
|
Orientasi
siswa pada masalah
|
·
Kegiatan awal pembelajaran, peserta didik bersama dengan guru
dapat melakukan aktivitas pembelajaran berikut ini.
a. Peserta didik bersama dengan guru mengamati melalui media dan
sumber belajar baik berupa visual, maupun audio-visual tentang flora, fauna,
dan alam benda.
b. Peserta didik mencari tahu dan saling menanyakan tentang berbagai
jenis flora.
|
20 menit
|
Inti
|
Mengorganisasi siswa dalam
belajar
|
·
Peserta didik bersama dengan guru dapat melakukan aktivitas
pembelajaran berikut ini.
a. Mengeksplorasi objek flora dalam aktivitas menggambar.
b. Mengasosiasi berbagai jenis flora dalam aktivitas menggambar.
|
80 Menit
|
Penutup
|
Menganalisis dan mengevaluasi
proses pemecahan masalah
|
·
Guru dapat melakukan evaluasi dan refleksi pada setiap pertemuan.
Kegiatan evaluasi dan refleksi menekankan pada tiga aspek, yaitu pengetahuan
yang telah diperoleh, menghubungkan sikap dengan materi pembelajaran, dan
kemampuan psikomotorik atau keahlian dalam praktik menggambar flora, fauna,
dan alam benda. Pada kegiatan refleksi, peserta didik sudah mampu menyimpulkan,
menemukan kesulitan dan mengatasinya, menemukan keindahan serta keunikan
menggambar flora.
|
20 Menit
|
Pertemuan: 2
Pendahuluan
|
Orientasi
siswa pada masalah
|
·
Kegiatan awal pembelajaran, peserta didik bersama dengan guru
dapat melakukan aktivitas pembelajaran berikut ini.
a. Peserta didik bersama dengan guru mengamati melalui media dan
sumber belajar baik berupa visual, maupun audio-visual tentang bunga.
b. Peserta
didik mencari tahu dan saling menanyakan tentang berbagai jenis bunga.
|
20 Menit
|
Inti
|
Mengorganisasi siswa dalam
belajar
|
·
Peserta didik bersama dengan guru dapat melakukan aktivitas
pembelajaran berikut ini.
a. Mengeksplorasi berbagai jenis objek bunga dalam aktivitas
menggambar.
b. Mengasosiasi berbagai jenis bunga dalam
aktivitas menggambar.
|
80 Menit
|
Penutup
|
Menganalisis dan mengevaluasi
proses pemecahan masalah
|
·
Guru dapat melakukan evaluasi dan refleksi pada setiap pertemuan.
Kegiatan evaluasi dan refleksi menekankan pada tiga aspek, yaitu pengetahuan
yang telah diperoleh, menghubungkan sikap dengan materi pembelajaran, dan
kemampuan psikomotorik atau keahlian dalam praktik menggambar bunga. Pada
kegiatan refleksi, peserta didik sudah mampu menyimpulkan, menemukan
kesulitan dan mengatasinya, menemukan keindahan serta keunikan menggambar bunga.
|
20 Menit
|
I. PENILAIAN
1. Penilaian Seni Rupa
Nama Peserta
didik :
Kelas :
Praktik :
Petunjuk
Berilah
tanda X (silang) pada angka 1, 2, 3, 4, atau 5 sesuai dengan pengamatanmu!
No.
|
Indikator Penilaian
|
Skor Maksimum
|
Nilai
|
1.
|
Keaslian Gagasan/Ide
|
20
|
|
2.
|
Kreatifitas
|
20
|
|
3.
|
Keseimbangan
|
20
|
|
4.
|
Warna
|
20
|
|
5.
|
Komposisi
|
20
|
2.
Penilaian Sikap
Unsur-unsur Penilaian Perilaku
|
Skor Maksimum (9)
|
||
Peduli
(Skor 3)
|
Disiplin
(Skor 3)
|
Kerjasama
(Skor3)
|
|
Nilai : Skor perolehan/skor maksimum x
100
Mengetahui:
Kepala SMP N - 1 Kabanjahe
( Drs.Kenan Ginting, M.Pd )
NIP. 19601230 199512 1 001
|
Kabanjahe, 10 Agustus 2017
Guru Mapel Seni Budaya
( Thomson M. Aruan. S.Pd )
NIP 19620316 198503 1 006
|
0 komentar:
Posting Komentar