Sabtu, 10 Februari 2018

RPP SBD Seni Rupa Kls. VII



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) 1

Satuan Pendidikan          :     SMP Negeri 1 Kabanjahe
Mata Pelajaran                :     Seni Budaya/Seni Rupa
Kelas / Semester              :     VII (Satu) / 1
Topik                                :     Menggambar Flora, Fauna, dan Alam Benda
Pertemuan                       :     Ke : 1, 2
Alokasi Waktu                 :     6 X  40 menit ( 2 kali pertemuan )


A.     KOMPETENSI INTI

      KI 3     : Memahami pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian yang tampak mata
      KI 4     : Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan abstrak (menulis, membaca, menghitung, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan dari berbagai sumber lainnya yang sama dalam sudut pandang/teori

B.     KOMPETENSI DASAR

3.1       Memahami konsep dan prosedur menggambar flora, fauna, dan benda alam
4.1       Menggambar flora, fauna, dan benda alam


C.     INDIKATOR
·         Peserta didik melakukan kegiatan seni rupa yang melibatkan gagasan dan imajinasi media dua dan tiga dimensi dengan memperhatikan proporsi, komposisi,keseimbangan, dan gelap terang
·         Peserta didik menyusun objek gambar sesuai dengan imajinasi dan perasaan
·         Peserta didik harus berlatih dan sabar sampai menguasai bentuk dasar bagian-bagian dari objek yang digambar.

D.     TUJUAN PEMBELAJARAN
·         Setelah mempelajari Bab 1 peserta didik diharapkan peduli dan melakukan aktivitas berkesenian, yaitu
1. mendeskripsikan kekayaan flora dan fauna Indonesia,
2. mengidentifikasi keunikan flora dan fauna Indonesia,
3. mengeksplorasi flora, fauna, dan alam benda dalam bentuk gambar,
4. mengomunikasikan hasil karya seni rupa baik secara lisan maupun tulisan.


E.     MATERI PEMBELAJARAN
·         Pengertian Menggambar
Gambar merupakan bahasa yang universal dan dikenal jauh sebelum manusia mengenal tulisan. Gambar sudah dikenal masyarakat sejak zaman purba. Pada saat itu, gambar sering dihubungkan dengan aktivitas manusia dan roh leluhur yang dianggap memberi keberkahan dan perlindungan. Bagi manusia purba, gambar tidak sekadar sebagai alat komunikasi untuk roh leluhur saja. Gambar dapat juga memberikan kekuatan dan motivasi untuk dapat bertahan hidup.
Menggambar merupakan aktivitas mental dan fisik yang dituangkan dalam bentuk goresan tangan, pada media dua dan tiga dimensi. Dengan menggunakan imajinasi dan perasaan melalui alat gambar, seperti pensil, bolpoin, krayon, dan alat lain yang dapat digunakan untuk menulis.
Menggambar dapat juga diartikan sebagai bentuk kegiatan seni rupa yang melibatkan gagasan dan imajinasi media dua dan tiga dimensi dengan memperhatikan proporsi, komposisi, keseimbangan, dan gelap terang.

F.      Metode Pembelajaran
Pendekatan        :     Scientific
Metode               :     Observasi dan diskusi
Model                 :     Problem Based Learning
G.     SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
·         Alat & Media     :     Pensil, Pensil Warna, Krayon, Bolpoint,Kertas Gambar
·         Sumber Belajar   :     Buku guru/Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta:  Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013

H.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Tahapan pokok
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pertemuan: 1

Pendahuluan


Orientasi siswa pada masalah


·           Kegiatan awal pembelajaran, peserta didik bersama dengan guru dapat melakukan aktivitas pembelajaran berikut ini.
a.   Peserta didik bersama dengan guru mengamati melalui media dan sumber belajar baik berupa visual, maupun audio-visual tentang flora, fauna, dan alam benda.
b.   Peserta didik mencari tahu dan saling menanyakan tentang berbagai jenis flora.


20 menit
Inti
Mengorganisasi siswa dalam belajar
·           Peserta didik bersama dengan guru dapat melakukan aktivitas pembelajaran berikut ini.
a.   Mengeksplorasi objek flora dalam aktivitas menggambar.
b.   Mengasosiasi berbagai jenis flora dalam aktivitas menggambar.
80 Menit

Penutup









Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah








·           Guru dapat melakukan evaluasi dan refleksi pada setiap pertemuan. Kegiatan evaluasi dan refleksi menekankan pada tiga aspek, yaitu pengetahuan yang telah diperoleh, menghubungkan sikap dengan materi pembelajaran, dan kemampuan psikomotorik atau keahlian dalam praktik menggambar flora, fauna, dan alam benda. Pada kegiatan refleksi, peserta didik sudah mampu menyimpulkan, menemukan kesulitan dan mengatasinya, menemukan keindahan serta keunikan menggambar flora.
20 Menit
Pertemuan: 2

Pendahuluan



Orientasi siswa pada masalah



·           Kegiatan awal pembelajaran, peserta didik bersama dengan guru dapat melakukan aktivitas pembelajaran berikut ini.
a.   Peserta didik bersama dengan guru mengamati melalui media dan sumber belajar baik berupa visual, maupun audio-visual tentang bunga.
 b. Peserta didik mencari tahu dan saling menanyakan tentang berbagai jenis bunga.


20 Menit

Inti
Mengorganisasi siswa dalam belajar
·           Peserta didik bersama dengan guru dapat melakukan aktivitas pembelajaran berikut ini.
a.   Mengeksplorasi berbagai jenis objek bunga dalam aktivitas menggambar.
b. Mengasosiasi berbagai jenis bunga dalam aktivitas menggambar.
80 Menit

Penutup

Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah

·           Guru dapat melakukan evaluasi dan refleksi pada setiap pertemuan. Kegiatan evaluasi dan refleksi menekankan pada tiga aspek, yaitu pengetahuan yang telah diperoleh, menghubungkan sikap dengan materi pembelajaran, dan kemampuan psikomotorik atau keahlian dalam praktik menggambar bunga. Pada kegiatan refleksi, peserta didik sudah mampu menyimpulkan, menemukan kesulitan dan mengatasinya, menemukan keindahan serta keunikan menggambar bunga.

20 Menit




I.       PENILAIAN
A. Metode dan Bentuk Instrumen

         1. Penilaian Seni Rupa

Nama Peserta didik      :
Kelas                              :
Praktik                          :
Petunjuk
Berilah tanda X (silang) pada angka 1, 2, 3, 4, atau 5 sesuai dengan pengamatanmu!




No.
Indikator Penilaian
Skor Maksimum
Nilai
1.
Keaslian Gagasan/Ide
20

2.
Kreatifitas
20

3.
Keseimbangan
20

4.
Warna
20

5.
Komposisi
20








2.       Penilaian Sikap


Unsur-unsur Penilaian Perilaku
Skor Maksimum (9)
Peduli
(Skor 3)
Disiplin
(Skor 3)
Kerjasama
(Skor3)









Nilai : Skor perolehan/skor maksimum x 100









Mengetahui:
Kepala SMP N - 1 Kabanjahe



( Drs.Kenan Ginting, M.Pd )
NIP. 19601230 199512 1 001
 
    Kabanjahe, 10  Agustus 2017
   
   Guru Mapel Seni Budaya




   ( Thomson M. Aruan. S.Pd )
    NIP 19620316 198503 1 006



0 komentar:

Posting Komentar