Jumat, 02 Februari 2018

Silabus Mata Pelajaran



SILABUS MATA PELAJARAN: SENI BUDAYA (SENI RUPA)

Satuan Pendidikan        : SMP
Kelas                                          : VII
Kompetensi Inti             :
KI 3:  Memahami pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait  penomena dan kejadian yang tampak mata.
 KI 4:  Mencoba,  mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan abstrak (menulis, membaca, menghitung, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan dari berbagai sumber lainnya yang sama dalam sudut pandang/teori.
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar

3.1.  Memahami unsur, prinsip, teknik dan prosedur menggambar flora, fauna dan alam benda dengan berbagai bahan.

4.1   Menggambar flora, fauna, dan alam benda.



Menggambar flora, fauna dan benda alam


Mengamati
·     Melihat    gambar flora, fauna dan benda alam
·     Membaca buku tentang konsep dan prosedur   menggambar flora, fauna dan benda alam

Menanyakan
·     Menanyakan cara  menggambar flora, fauna dan benda alam
·     Menanyakan   makna  gambar  pada flora, fauna dan benda alam di masyarakat

Mengeksplorasi
·   Menghubungkan antara konsep dan prosedur menggambar flora, fauna, benda alam dengan budaya setempat
·   Mencari  konsep dan prosedur   menggambar flora, fauna dan benda alam dalam kehidupan sosial budaya di masyarakat
Mengasosiasi
·   Menunjukkan makna yang terkandung pada  gambar flora, fauna dan benda alam dalam kehidupan sosial budaya di masyarakat
·   Membandingkan  konsep dan prosedur menggambar flora, fauna dan benda alam yang berkembang dalam kehidupan sosial budaya di masyarakat
Komunikasi
·     membuat gambar flora, fauna dan benda alam
·     menyampaikan hasil pengumpulan dan simpulan informasi yang diperoleh
·     mempresentasikan secara lisan  atau  tulisan  mengenai  karya yang dikerjakan

Tugas.
membuat  ringkasan tentang gambar flora, fauna dan benda alam

Observasi
format  pengamatan skala sikap 




Produk
gambar flora, fauna dan benda alam


30 JP







·      Buku Paket Seni Budaya Kelas VII
·      Buku-buku lain yang relevan
·      Informasi melalui internet
·      Pameran karya seni Rupa


3.2.  Memahami prinsip dan prosedur menggambar gubahan flora, fauna, dan bentuk geometrik menjadi ragam hias.
4.2.  Menggambar gubahan flora, fauna, dan bentuk geometrik menjadi ragam hias.


ragam hias flora dan fauna serta geometrik


Mengamati
·  Melihat    gambar ragam hias flora dan fauna serta geometrik
·  Membaca buku tentang konsep dan prosedur   menggambar  ragam hias flora dan fauna serta geometrik

Menanyakan
·  Menanyakan cara  menggambar  ragam hias flora dan fauna serta geometrik
·  Menanyakan   makna  gambar   ragam hias flora dan fauna serta geometrik
Mengeksplorasi
·      Mendiskusikan konsep dan prosedur  menggambar  ragam hias flora dan fauna serta geometrik
·   Mencari makna ragam hias flora dan fauna serta geometrik
Mengasosiasi
·     Menghubungkan antara konsep dan prosedur gambar ragam hias flora dan fauna serta geometrik dengan budaya setempat
·       Membandingkan   konsep dan prosedur gambar ragam hias flora dan fauna serta geometrik yang berkembang dalam sosial budaya di masyarakat
Komunikasi
·     mengambar ragam hias flora dan fauna serta geometrik
·     menyampaikan hasil pengumpulan dan simpulan informasi yang diperoleh
·     mempresentasikan jawabkan secara lisan atau  tulisan  mengenai  karya
yang dikerjakan

Tugas.
membuat  kritik seni secara sederhana minimum  100 kata tentang gambar ragam hias flora dan fauna serta geometrik

Observasi
format  pengamatan skala sikap 


Produk
gambar ragam hias flora dan fauna serta geometrik

12 JP

·      Buku Paket Seni Budaya Kelas VII
·      Buku-buku lain yang relevan
·      Informasi melalui internet
·      Pameran karya seni Rupa


3. 3.  Memahami    konsep dan prosedur  penerapan ragam hias pada  bahan tekstil
4.3.  Menerapkan ragam hias pada  bahan tekstil


Ragam hias pada  bahan tekstil

Mengamati
·  Melihat    gambar ragam hias flora dan fauna serta geometrik
·  Membaca buku tentang konsep dan prosedur   menggambar  ragam hias flora dan fauna serta geometrik
Menanyakan
·  Menanyakan cara  menggambar  ragam hias flora dan fauna serta geometrik
·  Menanyakan   makna  gambar   ragam hias flora dan fauna serta geometrik
Mengeksplorasi
·      Mendiskusikan konsep dan prosedur  menggambar  ragam hias flora dan fauna serta geometrik
·   Mencari makna ragam hias flora dan fauna serta geometrik
Mengasosiasi
·     Menghubungkan antara konsep dan prosedur gambar ragam hias flora dan fauna serta geometrik dengan budaya setempat
·       Membandingkan   konsep dan prosedur gambar ragam hias flora dan fauna serta geometrik yang berkembang dalam kehidupan sosial budaya di masyarakat
Komunikasi
·   membuat kriya tekstil dengan motif ragam hias
·   menyampaikan hasil pengumpulan dan simpulan informasi yang diperoleh
·   mempresentasikan secara lisan atau  tulisan  mengenai  karya yang dikerjakan

Tugas.
membuat  ringkasan tentang kriya tekstil dengan motif ragam hias

Observasi
format  pengamatan skala sikap 

Produk
kriya tekstil dengan motif ragam hias

24 JP

·      Buku Paket Seni Budaya Kelas VII
·      Buku-buku lain yang relevan
·      Informasi melalui internet
·      Pameran karya seni Rupa


3.4.  Memahami   konsep  dan prosedur penerapan ragam hias pada bahan kayu
 4.4.  Menerapkan ragam hias pada  bahan kayu

Ragam hias pada  bahan kayu

Mengamati
·  Melihat    gambar ragam hias flora dan fauna serta geometrik
·  Membaca buku tentang konsep dan prosedur   menggambar  ragam hias flora dan fauna serta geometrik

Menanyakan
·  Menanyakan cara  menggambar  ragam hias flora dan fauna serta geometrik
·  Menanyakan   makna  gambar   ragam hias flora dan fauna serta geometrik
Mengeksplorasi
·      Mendiskusikan konsep dan prosedur  menggambar  ragam hias flora dan fauna serta geometrik
·   Mencari makna ragam hias flora dan fauna serta geometrik

Mengasosiasi
·     Menghubungkan antara konsep dan prosedur gambar ragam hias flora dan fauna serta geometrik dengan budaya setempat
·       Membandingkan   konsep dan prosedur gambar ragam hias flora dan fauna serta geometrik yang berkembang dalam kehidupan sosial budaya di masyarakat
Komunikasi
·     membuat kriya kayu  dengan motif ragam hias
·     menyampaikan hasil pengumpulan dan simpulan informasi yang diperoleh
·     mempresentasikan  secara lisan atau  tulisan  mengenai  karya yang dikerjakan

Tugas.
membuat  kritik seni secara sederhana minimum  100 kata tentang kriya kayu  dengan motif ragam hias
Observasi
format  pengamatan skala sikap 

Produk
kriya kayu  dengan motif ragam hias

12 JP

·      Buku Paket Seni Budaya Kelas VII
·      Buku-buku lain yang relevan
·      Informasi melalui internet
·      Pameran karya seni Rupa



                                                    Kabanjahe,    Agustus  2017

      Mengetahui                                          Guru Mata Pelajaran
Kepala SMP Neg 1 Kabanjahe




  Drs Kenan Ginting,M.Pd                      Thomson. M. Aruan, S.Pd
 NIP. 19601230 199512 1 001                  NIP. 19620316 198503 1 006




1 komentar:

  1. Lucky Club Casino site | LuckyClub
    Lucky club casino website lives up to your expectations and we will be providing a 100% up to you when you sign up. luckyclub.live LuckyClub is one of the top online casinos

    BalasHapus