SILABUS MATA PELAJARAN: SENI BUDAYA (SENI RUPA)
Satuan Pendidikan : SMP
Kelas : VII
Kompetensi Inti :
KI 3: Memahami
pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural dalam ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kebangsaan, kenegaraan,
dan peradaban terkait penomena dan
kejadian yang tampak mata.
KI 4: Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai,
merangkai, memodifikasi dan membuat) dan abstrak (menulis, membaca, menghitung,
dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan dari berbagai
sumber lainnya yang sama dalam sudut pandang/teori.
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber
Belajar
|
3.1. Memahami unsur, prinsip, teknik dan
prosedur menggambar flora, fauna dan alam benda dengan berbagai bahan.
4.1 Menggambar flora, fauna, dan alam benda.
|
Menggambar flora, fauna dan benda alam
|
Mengamati
·
Melihat gambar flora,
fauna dan benda alam
·
Membaca
buku tentang konsep dan prosedur menggambar
flora, fauna dan benda alam
Menanyakan
·
Menanyakan
cara menggambar flora, fauna dan benda
alam
·
Menanyakan makna
gambar pada flora, fauna dan
benda alam di masyarakat
Mengeksplorasi
·
Menghubungkan
antara konsep dan prosedur menggambar flora, fauna, benda alam dengan budaya setempat
·
Mencari konsep dan prosedur
menggambar flora, fauna dan benda alam dalam kehidupan sosial budaya
di masyarakat
Mengasosiasi
·
Menunjukkan
makna yang terkandung pada gambar
flora, fauna dan benda alam dalam kehidupan sosial budaya di masyarakat
·
Membandingkan konsep dan prosedur menggambar flora, fauna dan benda alam
yang berkembang dalam kehidupan sosial budaya di masyarakat
Komunikasi
· membuat
gambar flora, fauna dan benda alam
· menyampaikan hasil pengumpulan dan simpulan informasi yang
diperoleh
·
mempresentasikan secara lisan atau tulisan mengenai
karya yang dikerjakan
|
Tugas.
membuat
ringkasan
tentang gambar flora, fauna dan benda alam
Observasi
format pengamatan
skala sikap
Produk
gambar flora, fauna dan benda alam
|
30 JP
|
· Buku Paket Seni Budaya Kelas VII
· Buku-buku lain yang relevan
· Informasi melalui internet
· Pameran karya seni Rupa
|
3.2. Memahami prinsip dan prosedur menggambar
gubahan flora, fauna, dan bentuk geometrik menjadi ragam hias.
4.2. Menggambar gubahan flora, fauna, dan bentuk
geometrik menjadi ragam hias.
|
ragam hias flora dan fauna serta geometrik
|
Mengamati
· Melihat gambar ragam hias flora dan fauna serta
geometrik
· Membaca buku tentang konsep dan prosedur
menggambar ragam hias flora dan
fauna serta geometrik
Menanyakan
· Menanyakan cara menggambar
ragam hias flora dan fauna serta geometrik
· Menanyakan
makna gambar ragam hias flora dan fauna serta geometrik
Mengeksplorasi
·
Mendiskusikan
konsep dan prosedur menggambar ragam hias flora dan fauna serta geometrik
·
Mencari
makna ragam hias flora dan fauna serta geometrik
Mengasosiasi
·
Menghubungkan
antara konsep dan prosedur gambar ragam hias flora dan fauna serta geometrik dengan budaya setempat
·
Membandingkan konsep dan prosedur gambar ragam hias flora dan fauna serta
geometrik yang berkembang dalam sosial budaya di masyarakat
Komunikasi
· mengambar
ragam hias flora dan fauna serta geometrik
·
menyampaikan hasil pengumpulan dan simpulan informasi yang diperoleh
·
mempresentasikan jawabkan secara lisan atau tulisan
mengenai karya
yang dikerjakan
|
Tugas.
membuat kritik seni
secara sederhana minimum 100 kata
tentang gambar ragam hias flora dan fauna serta geometrik
Observasi
format pengamatan
skala sikap
Produk
gambar ragam hias flora dan fauna serta geometrik
|
12 JP
|
· Buku Paket Seni Budaya Kelas VII
· Buku-buku lain yang relevan
· Informasi melalui internet
· Pameran karya seni Rupa
|
3. 3. Memahami
konsep dan prosedur
penerapan ragam hias pada bahan tekstil
4.3. Menerapkan ragam hias pada bahan tekstil
|
Ragam hias pada bahan tekstil
|
Mengamati
· Melihat gambar ragam hias flora dan fauna serta
geometrik
· Membaca buku tentang konsep dan prosedur
menggambar ragam hias flora dan
fauna serta geometrik
Menanyakan
· Menanyakan cara menggambar
ragam hias flora dan fauna serta geometrik
· Menanyakan
makna gambar ragam hias flora dan fauna serta geometrik
Mengeksplorasi
·
Mendiskusikan
konsep dan prosedur
menggambar ragam hias flora dan
fauna serta geometrik
·
Mencari
makna ragam hias flora dan fauna serta geometrik
Mengasosiasi
·
Menghubungkan
antara konsep dan prosedur gambar ragam hias flora dan fauna serta geometrik dengan budaya setempat
·
Membandingkan konsep dan prosedur gambar ragam hias flora dan fauna serta
geometrik yang berkembang dalam kehidupan sosial budaya di masyarakat
Komunikasi
· membuat
kriya tekstil dengan motif ragam hias
·
menyampaikan hasil pengumpulan dan simpulan informasi yang
diperoleh
·
mempresentasikan secara lisan atau tulisan mengenai
karya yang dikerjakan
|
Tugas.
membuat ringkasan
tentang
kriya tekstil dengan motif ragam hias
Observasi
format pengamatan
skala sikap
Produk
kriya tekstil dengan motif ragam hias
|
24 JP
|
· Buku Paket Seni Budaya Kelas VII
· Buku-buku lain yang relevan
· Informasi melalui internet
· Pameran karya seni Rupa
|
3.4. Memahami
konsep dan prosedur penerapan ragam hias pada bahan kayu
4.4. Menerapkan
ragam hias pada bahan kayu
|
Ragam hias pada bahan kayu
|
Mengamati
· Melihat gambar ragam hias flora dan fauna serta
geometrik
· Membaca buku tentang konsep dan prosedur
menggambar ragam hias flora dan
fauna serta geometrik
Menanyakan
· Menanyakan cara menggambar
ragam hias flora dan fauna serta geometrik
· Menanyakan
makna gambar ragam hias flora dan fauna serta geometrik
Mengeksplorasi
·
Mendiskusikan
konsep dan prosedur
menggambar ragam hias flora dan
fauna serta geometrik
·
Mencari
makna ragam hias flora dan fauna serta geometrik
Mengasosiasi
·
Menghubungkan
antara konsep dan prosedur gambar ragam hias flora dan fauna serta geometrik dengan budaya setempat
·
Membandingkan konsep dan prosedur gambar ragam hias flora dan fauna serta
geometrik yang berkembang dalam kehidupan sosial budaya di masyarakat
Komunikasi
· membuat
kriya kayu dengan motif ragam hias
·
menyampaikan hasil pengumpulan dan simpulan informasi yang
diperoleh
·
mempresentasikan secara lisan atau
tulisan
mengenai karya yang dikerjakan
|
Tugas.
membuat kritik seni
secara sederhana minimum 100 kata
tentang kriya kayu
dengan motif ragam hias
Observasi
format pengamatan
skala sikap
Produk
kriya kayu dengan motif ragam hias
|
12 JP
|
· Buku Paket Seni Budaya Kelas VII
· Buku-buku lain yang relevan
· Informasi melalui internet
· Pameran karya seni Rupa
|
Kabanjahe, Agustus 2017
Mengetahui Guru Mata Pelajaran
Kepala SMP Neg 1 Kabanjahe
Drs Kenan Ginting,M.Pd Thomson. M. Aruan, S.Pd
NIP. 19601230 199512 1 001 NIP. 19620316 198503 1 006






Lucky Club Casino site | LuckyClub
BalasHapusLucky club casino website lives up to your expectations and we will be providing a 100% up to you when you sign up. luckyclub.live LuckyClub is one of the top online casinos